Mungkin selama ini kita banyak mempelajari tentang teori-teori belajar dan kita mengetahui apa saja macam teori belajar, tapi kita setelah ditanya siapa tokoh-tokoh pencetus teori tersebut, bagaimana prinsipnya, dan landasan-landasnnya, kita masih susah untuk menjawabnya. Untuk lebih menambah wawasan saudara, silahkan membaca teks dibawah ini,
No.
|
Teori
Belajar
|
Konsep
|
Prinsip
|
1.
|
Behavioristik
Oleh
Gage dan Berliner
|
Belajar
adalah perubahan tingkah laku sebagai
hasil dari pengalaman. Menurut teori ini dalam belajar yang terpenting adalah
input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Dengan kata lain
belajar merupakan berntuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya
untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara
stimulus dan respon.
|
1. Obyek
psikologi adalah tingkah laku
2. Semua
bentuk tingkah laku dikembalikan pada reflek
3. Mementingkan
pembentukan kebiasaan.
|
2.
|
Kognitif
oleh Jane Piaget
|
Setiap
anak memiliki struktur kognitif yaitu system konsep yang ada dalam pikiran
sebgai obyek yang ada dalam lingkungannya. Pemahaman tentang obyek tersebut
berlangsung melalui proses asimilasi dan akomodasi. Kedua proses tersebut jika
berlangsung terus menerus akan membuat pengetahuan lama dan pengetahuan baru
menjadi seimbang. Dengan cara seperti itu secra bertahap anak dapat membangun
pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungannya.
|
1.
Belajar aktif
2.
Belajar melalui interaksi sosial
3.
Belajar melalui pengetahuan diri
sendiri.
|
3.
|
Konstruktivistik
oleh Jane Piaget
|
Siswa
harus menemukan sendiri dan menstransformasikan informasi kompleks, mengecek
informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya apabila
aturan-aturan itu tidak lagi sesuai.
|
Guru
tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa. Siswa harus
membangun pengetahuan sendiri.
|
Oleh
Vygotsky
|
Pengetahuan
dan pengertian dikonstruksi bila seseorang terlibat secara social
dalampercobaan-percobaan dan pengalaman.
|
1.Mengenai
fungsi dan pentingnya bahasa dalam komunikasi social yang dimulai oleh proses
pancainderaan terhadap tanda (sign)sampai kepada tukar menukar informasi dan
pengetahuan
2.Pembelajar
sebagai mediator memiliki peran mendorong dan menjembatani siswa dalam upaya
membangun pengetahuan
|
Landasan Filosofis
No.
|
Teori Belajar
|
Konsep
|
1.
|
Progresivisme
|
Proses pembelajaran perlu ditekankan pada pembentukan kreatifitas,
pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah dan memperhatikan
pengalaman siswa
|
2.
|
Konstruktivisme
|
Teori ini melihat pengalaman langsung siswa sebagai kunci dalam pembelajaran.
Menurut teori ini pengetahuan adalah hasil konstruksi atau bentukan manusia.
|
3.
|
Humanisme
|
Teori ini melihat siswa dari segi keunikannya atau kekhasan, potensinya
dan motivasi yang dimiliknya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar