Sabtu, 20 Oktober 2012

Teori-teori Belajar



Mungkin selama ini kita banyak mempelajari tentang teori-teori belajar dan kita mengetahui apa saja macam teori belajar, tapi kita setelah ditanya siapa tokoh-tokoh pencetus teori tersebut, bagaimana prinsipnya, dan landasan-landasnnya, kita masih susah untuk menjawabnya. Untuk lebih menambah wawasan saudara, silahkan membaca teks dibawah ini,



No.
Teori Belajar
Konsep
Prinsip
1.  
Behavioristik
Oleh Gage dan Berliner
Belajar adalah perubahan tingkah laku  sebagai hasil dari pengalaman. Menurut teori ini dalam belajar yang terpenting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Dengan kata lain belajar merupakan berntuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon.
1.  Obyek psikologi adalah tingkah laku
2.  Semua bentuk tingkah laku dikembalikan pada reflek
3.  Mementingkan pembentukan kebiasaan.

2.  
Kognitif oleh Jane Piaget
Setiap anak memiliki struktur kognitif yaitu system konsep yang ada dalam pikiran sebgai obyek yang ada dalam lingkungannya. Pemahaman tentang obyek tersebut berlangsung melalui proses asimilasi dan akomodasi. Kedua proses tersebut jika berlangsung terus menerus akan membuat pengetahuan lama dan pengetahuan baru menjadi seimbang. Dengan cara seperti itu secra bertahap anak dapat membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungannya.
1.   Belajar aktif
2.   Belajar melalui interaksi sosial
3.   Belajar melalui pengetahuan diri sendiri.


3.
Konstruktivistik oleh Jane Piaget
Siswa harus menemukan sendiri dan menstransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya apabila aturan-aturan itu tidak lagi sesuai.
Guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa. Siswa harus membangun pengetahuan sendiri.



Oleh Vygotsky
Pengetahuan dan pengertian dikonstruksi bila seseorang terlibat secara social dalampercobaan-percobaan dan pengalaman.
1.Mengenai fungsi dan pentingnya bahasa dalam komunikasi social yang dimulai oleh proses pancainderaan terhadap tanda (sign)sampai kepada tukar menukar informasi dan pengetahuan
2.Pembelajar sebagai mediator memiliki peran mendorong dan menjembatani siswa dalam upaya membangun pengetahuan































































Landasan Filosofis
No.
Teori Belajar
Konsep
1.
Progresivisme
Proses pembelajaran perlu ditekankan pada pembentukan kreatifitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana yang alamiah dan memperhatikan pengalaman siswa
2.
Konstruktivisme
Teori ini melihat pengalaman langsung siswa sebagai kunci dalam pembelajaran. Menurut teori ini pengetahuan adalah hasil konstruksi atau bentukan manusia.
3.
Humanisme
Teori ini melihat siswa dari segi keunikannya atau kekhasan, potensinya dan motivasi yang dimiliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar