Rabu, 14 November 2012

Pembelajaran Kooperatif


A.    Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Apa itu pembelajaran kooperatif? Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) adalah kegiatan belajar bersama yang melibatkan antara 4-5 orang, yang bekerja bersama menuju kelompok bersama dimana tiap anggota kelompok bertanggungjawab secara individu sebagai bagian dari hasil yang tak akan bisa dicapai tanpa adanya kerjasama antar anggota kelompok (Slavin).

          B.   Karakteristik Pembelajaran Kooperatif
1.       Pembelajaran secara tim
2.      Pembelajaran dengan manajemen kooperatif
3.      Kemauan untuk bekerja sama
4.      Keterampilan untuk bekerja sama

          C.    Prinsip-prinsip Pembelajaran Kooperatif
1.       Prinsip ketergantungan positif (Positive Interdependence)
2.      Tanggung jawab perseorangan (Individual Accountability)
3.      Interaksi Tatap muka (Face to face promotion interaction)
4.      Partisipasi dan komunikasi (Participation Communication)

          D.   Prosedur Pembelajaran Kooperatif
1.       Menetapkan tujuan pembelajaran, aktifitas, dan penghargaan
2.      Komposisi kelompok
3.      Kerja sama yang efektif
4.      Perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima
5.      Periode percobaan dan umpan balik
6.      Bantuan dari guru kepada siswa
7.      Melakukan evaluasi

         E.    Peranan Guru dalam Pembelajaran Kooperatif
1.       Organisator dalam proses kelompok
2.      Sumber informasi bagi siswa dalam penyelesaian tugas kelompok
3.      Pendorong bagi siswa untuk belajar
4.      Penyedia informasi kunci dan pemberi kesempatan kepadasemua siswa untuk berpartisipasi dalam proses kelompok
5.      Seseorang yang mendiagnosa kesulitan siswaserta memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhannya
6.      Ikut aktif sebagai peserta kegiatan yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama seperti siswa, yang berarti guru ikut serta menyumbangkan pendapatnya kepada kelompok siswa

         F.    Keunggulan Pembelajaran Koperatif
1.       Peserta didik mampu bekerja sama untuk kebaikan kelompok secara keseluruhan ketimbang hanya untk kebutuhan individu saja
2.      Mambantu siswa yang mempunyai masalah dalam belajar atau membantu siswa yang cacat
3.      Memudahkan integrasi social dan kebutuhan khusus siswa
4.      Menyediakan penghargaan atau reward baik kepada siswa berprsetasi tinggi maupun siswa berprsetasi rendah
5.      Memudahkan pembagian usaha dan tugas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu
6.      Mendorong komunikasi antar siswa

          G.   Kelemahan Pembelajaran Kooperatif
1.       Membutuhkan waktu yang lama untuk memahami filosofi belajar secara kooperatif
2.      Sulit untuk mewujudkan peer teaching yang efektif
3.      Sulit untuk memberikan penilaian yang obyektif secara individual
4.      Butuh waktu yang lama untuk mengembangkan kesadaran berkelompok
5.      Kurang memperhatikan aspek motivasi diri untuk menanamkan kepercayaan diri,karena tertutup dengan kepentingan bersama
readmore »»