A.
Pengertian
Pembelajaran Kooperatif
Apa itu pembelajaran
kooperatif? Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) adalah kegiatan
belajar bersama yang melibatkan antara 4-5 orang, yang bekerja bersama menuju
kelompok bersama dimana tiap anggota kelompok bertanggungjawab secara individu
sebagai bagian dari hasil yang tak akan bisa dicapai tanpa adanya kerjasama
antar anggota kelompok (Slavin).
B. Karakteristik
Pembelajaran Kooperatif
1.
Pembelajaran secara tim
2.
Pembelajaran dengan manajemen kooperatif
3.
Kemauan untuk bekerja sama
4.
Keterampilan untuk bekerja sama
C.
Prinsip-prinsip
Pembelajaran Kooperatif
1.
Prinsip ketergantungan positif (Positive
Interdependence)
2.
Tanggung jawab perseorangan (Individual
Accountability)
3.
Interaksi Tatap muka (Face to face promotion
interaction)
4.
Partisipasi dan komunikasi (Participation
Communication)
D.
Prosedur
Pembelajaran Kooperatif
1.
Menetapkan tujuan pembelajaran, aktifitas, dan
penghargaan
2.
Komposisi kelompok
3.
Kerja sama yang efektif
4.
Perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat
diterima
5.
Periode percobaan dan umpan balik
6.
Bantuan dari guru kepada siswa
7.
Melakukan evaluasi
E.
Peranan
Guru dalam Pembelajaran Kooperatif
1.
Organisator dalam proses kelompok
2.
Sumber informasi bagi siswa dalam penyelesaian
tugas kelompok
3.
Pendorong bagi siswa untuk belajar
4.
Penyedia informasi kunci dan pemberi kesempatan
kepadasemua siswa untuk berpartisipasi dalam proses kelompok
5.
Seseorang yang mendiagnosa kesulitan siswaserta
memberikan bantuan yang sesuai dengan kebutuhannya
6.
Ikut aktif sebagai peserta kegiatan yang
mempunyai hak dan kewajiban yang sama seperti siswa, yang berarti guru ikut
serta menyumbangkan pendapatnya kepada kelompok siswa
F.
Keunggulan
Pembelajaran Koperatif
1.
Peserta didik mampu bekerja sama untuk kebaikan
kelompok secara keseluruhan ketimbang hanya untk kebutuhan individu saja
2.
Mambantu siswa yang mempunyai masalah dalam
belajar atau membantu siswa yang cacat
3.
Memudahkan integrasi social dan kebutuhan khusus
siswa
4.
Menyediakan penghargaan atau reward baik kepada
siswa berprsetasi tinggi maupun siswa berprsetasi rendah
5.
Memudahkan pembagian usaha dan tugas yang dapat
disesuaikan dengan kebutuhan individu
6.
Mendorong komunikasi antar siswa
G.
Kelemahan
Pembelajaran Kooperatif
1.
Membutuhkan waktu yang lama untuk memahami
filosofi belajar secara kooperatif
2.
Sulit untuk mewujudkan peer teaching yang
efektif
3.
Sulit untuk memberikan penilaian yang obyektif
secara individual
4.
Butuh waktu yang lama untuk mengembangkan
kesadaran berkelompok
5.
Kurang memperhatikan aspek motivasi diri untuk
menanamkan kepercayaan diri,karena tertutup dengan kepentingan bersama