Senin, 26 November 2012

Teknik Pembelajaran Berbicara


Terdapat beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbicara, diantaranya:
1.       Wawancara
Melalui teknik ini siswa dapat melakukan wawancara dengan orang lain dengan bahasa yang logis, runtut, dan tepat. Siswa disuruh mewawancarai orang lain. Lalu siswa tersebut menuliskan hasil wawancara itu.
2.      Cerita Berpasangan
Siswa dapat bercerita dengan lugas dan lancer tentang penglamannya kepada teman lain. Siswa secara berpasangan menceeritakan pengalaman masing-masing dalam waktu yang ditentukan.
3.      Pidato Tanpa Teks
Melalui teknik ini siswa mampu berpidato dengan lancer tanpa menggunakan teks (secara merata). Siswa secara bergantian melakukan pidato didepan kelompok lain dngan tema sesuai ide mereka. Tugas siswa yang sudah atau yang belum berpidato melakukan pengamatan dn penilaian pada setiap siswa yang sedang berpidato mengenai kelebihan dan kekurangannya.
4.      Pidato Dengan Teks
Siswa mampberpidato dengan menggunakan teks. Siswa secara bergantian melakukan pidato dengan teks didepan kelompok lain. Tugas siswa yang sudah atau yang belum berpidato melakukan pengamatan dn penilaian pada setiap siswa yang sedang berpidato mengenai kelebihan dan kekurangannya.
5.      Mengomentari Film/Sinetron/Cerpen
Untuk meningkatkan keterampilan berbicara, siswa dapat menomentari film/sinetron/cerpen/novel yang telah dinikmatinya dengan lancer, logis, dan runtut
6.      Debat
Melalui teknik ini siswa berani mengungkapkan dn mempertahankan pendapat serta gagasan yang dimilkinya dengan benar dan logis melalui debat.
7.      Menjadi Pembawa Acara
Siswa dapat menjadi pembawa acara dengan baik, lancer, dan runtut dalam resepsi, upacara, atau pergelaran. Siswa memilih acara yang ingin dibawakannya. Dalam membawakan acara, siswa dpat pula berpasangan.
8.      Memimpin Rapat
Melalui teknik ini siswa dapat memimpin sebuah pertemuan dengan berani dan benar. siswa dibagi menjadi beberapa kelompok , tiap kelompok masing-masing beranggotakan maksimal 5 orang. Guru memberikan tugas masing-masing kelompok untuk membuat sebuah kegiatan, misalnya pentas seni, kegiatan bakti, kemah, wisata dan seterusnya.
9.      Menerangkan Obat/Makanan/ Minuman dan Benda lainnya
Siswa dapat menjelaskan sesuatu secara runtut dan benar. siswa menerangkan sebuah benda yang sudah mereka kenal. Dalam waktu singkat mereka menerangkan mengenai karakter benda tersebut.
10.   Bermain Peran
Siswa mampu memerankan tokoh tertentu dengan ucapan yang tepat. Siswa menirukan gaya tokoh yang diidentifikasikan dengan ucapan yang mirip atau sama.
11.    Info Berantai
12.   Siswa dapat mentransfer sebuah informasi dengan benar dan jelas. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok, yang masing-masing kelompok posisinya berbaris saling membelakangi. Barisan paling belakang diberi sebuah amplop yang berisi informasi. Dengan cukup membaca dan menghafal, secara berantai informasi dibisikkan ke barisan depannya, begitu seterusnya. Barisan terdepan mempresentasikan informasi yang diperolehnya.
13.   Cerita Berangkai
Siswa dapat melanjutkan cerita yang disampaikan temannya dengan tepat dan dalam lingkup topik yang sama.satu kelompok (5 orang) berdiri di depan kelas kemudian bercerita tentang topik tertentu yang diawali dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.

Referensi:
Suyatno, Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, Surabaya:SIC, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar