Terdapat
beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbicara, diantaranya:
1. Wawancara
Melalui teknik
ini siswa dapat melakukan wawancara dengan orang lain dengan bahasa yang logis,
runtut, dan tepat. Siswa disuruh mewawancarai orang lain. Lalu siswa tersebut
menuliskan hasil wawancara itu.
2. Cerita Berpasangan
Siswa dapat
bercerita dengan lugas dan lancer tentang penglamannya kepada teman lain. Siswa
secara berpasangan menceeritakan pengalaman masing-masing dalam waktu yang
ditentukan.
3. Pidato Tanpa Teks
Melalui teknik
ini siswa mampu berpidato dengan lancer tanpa menggunakan teks (secara merata).
Siswa secara bergantian melakukan pidato didepan kelompok lain dngan tema
sesuai ide mereka. Tugas siswa yang sudah atau yang belum berpidato melakukan
pengamatan dn penilaian pada setiap siswa yang sedang berpidato mengenai
kelebihan dan kekurangannya.
4. Pidato Dengan Teks
Siswa mampberpidato
dengan menggunakan teks. Siswa secara bergantian melakukan pidato dengan teks
didepan kelompok lain. Tugas siswa yang sudah atau yang belum berpidato
melakukan pengamatan dn penilaian pada setiap siswa yang sedang berpidato
mengenai kelebihan dan kekurangannya.
5. Mengomentari Film/Sinetron/Cerpen
Untuk meningkatkan
keterampilan berbicara, siswa dapat menomentari film/sinetron/cerpen/novel yang
telah dinikmatinya dengan lancer, logis, dan runtut
6. Debat
Melalui teknik
ini siswa berani mengungkapkan dn mempertahankan pendapat serta gagasan yang
dimilkinya dengan benar dan logis melalui debat.
7. Menjadi Pembawa Acara
Siswa dapat
menjadi pembawa acara dengan baik, lancer, dan runtut dalam resepsi, upacara,
atau pergelaran. Siswa memilih acara yang ingin dibawakannya. Dalam membawakan
acara, siswa dpat pula berpasangan.
8. Memimpin Rapat
Melalui teknik
ini siswa dapat memimpin sebuah pertemuan dengan berani dan benar. siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok , tiap kelompok masing-masing beranggotakan maksimal
5 orang. Guru memberikan tugas masing-masing kelompok untuk membuat sebuah kegiatan,
misalnya pentas seni, kegiatan bakti, kemah, wisata dan seterusnya.
9. Menerangkan Obat/Makanan/ Minuman dan
Benda lainnya
Siswa dapat
menjelaskan sesuatu secara runtut dan benar. siswa menerangkan sebuah benda
yang sudah mereka kenal. Dalam waktu singkat mereka menerangkan mengenai
karakter benda tersebut.
10. Bermain Peran
Siswa mampu
memerankan tokoh tertentu dengan ucapan yang tepat. Siswa menirukan gaya tokoh
yang diidentifikasikan dengan ucapan yang mirip atau sama.
11. Info Berantai
12. Siswa dapat mentransfer sebuah informasi
dengan benar dan jelas. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok, yang
masing-masing kelompok posisinya berbaris saling membelakangi. Barisan paling
belakang diberi sebuah amplop yang berisi informasi. Dengan cukup membaca dan
menghafal, secara berantai informasi dibisikkan ke barisan depannya, begitu
seterusnya. Barisan terdepan mempresentasikan informasi yang diperolehnya.
13. Cerita Berangkai
Siswa dapat
melanjutkan cerita yang disampaikan temannya dengan tepat dan dalam lingkup topik yang sama.satu kelompok (5 orang) berdiri di depan kelas kemudian bercerita tentang
topik tertentu yang diawali dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.
Referensi:
Suyatno, Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, Surabaya:SIC, 2004