Terdapat
beberapa teknik dalam keterampilan membaca, diantaranya:[1]
a.
Membaca cepat
Dengan
teknik ini siswa dapat termotivasi untuk
, suka membaca, mengatasi regresi (mengulang bacaan yang sudah dibaca),
menggunakan pandangan periferi (baca sistem loncat), menggunakan suatu penunjuk
sebagai penentu kecepatan, mengkondisikan situasi, dan mampu mengkonsolidasi.
b.
Membaca bergantian
Tujuan
teknik membaca bergantian adalah agar siswa dapat membaca bersuara sesuai
dengan intonasi dan lafal dengan tepat.
c.
Membaca Teks Pidato
Siswa
dapat mempresentasikan teks pidato dengan cara membaca lengkap dengan suara
yang sesuai dengan lafalnya termasuk pengucapan tanda baca, menarik dn
menyenangkan pendengar.
d.
Membaca Berita
Siswa
dapat menyampaikan informasi atau berita dengan suara yang sesuai dengan
lafalnya termasuk pengucapan tanda bacanya.
e.
Membaca Intensif
Siswa dpat memahami bacaan secara intensif,
tanpa bersuara dan tuntas.
f.
Membaca Ekstensif
Siswa
dapat mengintegrasikan isi bacaan dari berbagai bacaan dalam topic yang sama.
g.
Membaca Kritis
Siswa
dapat memberikan komentaryang mendetail mengenai bacaan yang mereka baca.
h.
Membaca Memindai
Siswa
dapat menemukan secara cepatkata, nomor, lambing dan apa saja yang dibutuhkan
dari daftar panjang, pengumuman, iklan, daftar telepon, dan nomor acak.
i.
Memberi Catatan Bacaan
Siswa
dapat membuata catatan yang dianggap penting, atau kalimat kunci dalam sebuah
bacaan.
j.
Mengubah Bacaan ke dalam Gambar
Siswa dapat memaknai
bacaan dengan cara membuat gambar menurut persepsinya