Minggu, 25 November 2012

Teknik Pembelajaran Bahasa Membaca


Terdapat beberapa teknik dalam keterampilan membaca, diantaranya:[1]
a.       Membaca cepat
Dengan teknik ini siswa dapat termotivasi  untuk , suka membaca, mengatasi regresi (mengulang bacaan yang sudah dibaca), menggunakan pandangan periferi (baca sistem loncat), menggunakan suatu penunjuk sebagai penentu kecepatan, mengkondisikan situasi, dan mampu mengkonsolidasi.
b.      Membaca bergantian
Tujuan teknik membaca bergantian adalah agar siswa dapat membaca bersuara sesuai dengan intonasi dan lafal dengan tepat.
c.       Membaca Teks Pidato
Siswa dapat mempresentasikan teks pidato dengan cara membaca lengkap dengan suara yang sesuai dengan lafalnya termasuk pengucapan tanda baca, menarik dn menyenangkan pendengar.
d.      Membaca Berita
Siswa dapat menyampaikan informasi atau berita dengan suara yang sesuai dengan lafalnya termasuk pengucapan tanda bacanya.
e.       Membaca Intensif
 Siswa dpat memahami bacaan secara intensif, tanpa bersuara dan tuntas.
f.       Membaca Ekstensif
Siswa dapat mengintegrasikan isi bacaan dari berbagai bacaan dalam topic yang sama.
g.      Membaca Kritis
Siswa dapat memberikan komentaryang mendetail mengenai bacaan yang mereka baca.
h.      Membaca Memindai
Siswa dapat menemukan secara cepatkata, nomor, lambing dan apa saja yang dibutuhkan dari daftar panjang, pengumuman, iklan, daftar telepon, dan nomor acak.
i.        Memberi Catatan Bacaan
Siswa dapat membuata catatan yang dianggap penting, atau kalimat kunci dalam sebuah bacaan.
j.        Mengubah Bacaan ke dalam Gambar
                     Siswa dapat memaknai bacaan dengan cara membuat gambar menurut persepsinya



[1] Suyatno, Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, (Surabaya:SIC, 2004)
readmore »»